Iklan Semua Halaman

Tak Laku, BPJS Ketenagakerjaan Tolak Biodata dan Suket Disdukcatpil

  Redaksi
Senin, 10 Agustus 2020
KTP el belum jadi, sementara Surat Keterangan (Suket) dan biodata sudah tak lagi cetak sejak Juli 2020, membuat pra syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan macet di dapati eks buruh pabrik/karyawan. Disisi lain, legalitas pengganti dua surat biodata dan suket yang menerangkan KTP el sedang dalam proses pencetakan/distribusi, sampai saat ini masih bias. 
BPJS


"Saya sudah berhenti jadi Karyawan perusahaan dan hendak mencairkan hak Jaminam Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan, tapi di tolak, karena melampirkan biodata Catpil gegara KTP el belum saya terima. Terus, kalau Biodata dan Suket gak berlaku, saya harus pakai apa? " kata Eks buruh pabrik asal Srijaya Desa Pulojaya Kecamatan Lemahabang, Senin (10/8). 

Sementara itu, Kasie Pelayanan Kecamatan Lemahabang, Ade Sudiana mengatakan, penolakan BPJS Ketenagakerjaan cabang Karawang terhadap eks buruh karyawan untuk pencairan JHT dengan Biodata dan ataupun Suket, sangat bisa di maklumi, karena memang dua-duanya sudah tidak tercetak alias tidak berlaku lagi. Lantas, apa pengganti keterangan dari dua surat tersebut ? Ade menyebut, jika menggunakan surat keterangan camat, tidak memungkinkan sebab cantolan hukumnya masih belum jelas, sehingga legalitasnya akan di ragukan. Tapi, sambungnya, memungkinkan jika di buat surat keterangan dari pemerintah desa, kaitan domisili dan ketetangan KTP el sedang dalam masa pencetakan. Itupun, ia tidak tahu, apakah akan bisa diterima oleh BPJS ketenagakerjaan atau tidak. "Memang biodata dan suket sudah tidak di terbitkan lagi Catpil, jadi kalau di tolak ya memag tidak berlaku lagi, penggantinya juga masih bias, " Katanya. 

Ia sarankan, agar KTP el yang masih dalam proses bisa ditunggu saja dan tidak akan lebih dari dua Minggu pihak Kantor Pos akan mendistribusikannya. Sebab, duit yang ada di BPJS Ketenagakerjaan lagi pula tidak akan hilang dan atau hangus walau harus menunggu dua mingguan sampai KTP el ini benar-benar sudah cetak, " Pungkasnya.