Iklan Semua Halaman

Selasa , PDIP Siap Umumkan Lagi Rekomendasi Paslon Pilkada 2020

  Redaksi
Senin, 10 Agustus 2020

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan mengumumkan kembali sejumlah pasangan bakal calon kepala daerah yang akan diusung pasa Pilkada serentak 2020, pada Selasa 11 Agustus 2020.

Dalam keterangannya Senin 10 Agustus 2020, Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto menyebut pengumuman gelombang tiga ini akan memberi rekomendasi untuk 75 pasangan bakal calon.

Hasto menyatakan pengumuman 75 calon kepala daerah tersebut akan dilakukan melalui telekonferensi. Adapun dipilihnya 75 rekomendasi tersebut mengambil momentum peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI yang Agustus ini menginjak usia ke-75.

"Karena itulah jumlah paslon yang diumumkan pun mengambil angka simbolik 75, setelah pengumuman sebelumnya mengambil angka simbolik 45," kata Hasto.

Meski demikian, Hasto tak membeberkan wilayah mana saja yang akan diumumkan pasangan calon kepala daerahnya pada esok hari tersebut. Hasto hanya meminta seluruh calon kepala dan calon wakil kepala daerah itu menjadi pemimpin dan menawarkan kebijakan alternatif dalam pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini.

"Memperkuat tradisi hidup sehat guna meningkatkan sistem imunitas rakyat, dan pada saat bersamaan mendorong kebijakan untuk mengatasi berbagai persoalan ekonomi yang muncul di tengah pandemi," ucap dia.

Usai pengumuman, Hasto menegaskan setiap paslon wajib mengikuti sekolah partai guna memperkuat pemahaman terhadap ideologi Pancasila, memiliki pengetahuan di bidang legislasi dan anggaran, tata pemerintahan yang baik dan bersih, serta program kerakyatan berbasis Trisakti Bung Karno.

Sebelumnya, pada 19 Februari 2020, DPP PDIP mengumumkan 48 pasangan calon untuk Pilkada 2020. Ini adalah gelombang pertama. Selanjutnya, ada 45 nama calon lain pada gelombang kedua yang digelar pada 17 Juli 2020. Pilkada 2020 sendiri digelar di 270 daerah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Mengenai pandemi yang masih menghantui, Hasto optimistis penyelenggaraan Pilkada akan tetap masih bisa digelar. Menurut dia, tidak boleh ada pemerintahan yang kosong.

“Pilkada tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang juga merupakan jawaban kita terhadap rakyat," ujar Hasto.

Hasto mengatakan Pilkada di tengah pandemi akan menjadi momentum bagi calon kepala daerah dalam mengatasi penularan virus corona atau Covid-19 ini. Selain itu, Pilkada serentak ini juga menjadi ujian calon kepala daerah dalam mendorong agenda perubahan struktural di dalam kehidupan perekonomian rakyat.

"Bagaimana mereka memberikan jawaban yang jelas terhadap agenda-agenda misalnya mendorong program padat karya, menciptakan lapangan kerja di desa, menciptakan lapangan kerja secara kreatif di kota," kata Hasto.

Mengenai kesiapan menyongsong gelaran Pilkada, Hasto menuturkan bahwa partainya sudah siap. Hal itu ditandai dengan adanya sekolah partai yang dilakukan secara virtual bagi calon kepala daerah, pelatihan terhadap saksi yang sudah dilaksanakan sebanyak enam kali, hingga strategi pelaksanaan kampanye secara virtual.

Hasto Kristiyanto

"Bagi PDIP langkah-langkah strategis kami sudah siapkan," ucap dia.***