Iklan Semua Halaman

Survei Charta Politika, Bansos Kemensos Dinilai Tepat Sasaran Bantu Warga Terdampak Covid-19

  Redaksi
Jumat, 24 Juli 2020

Penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) di masa pandemi covid-19 diapresiasi oleh warga penerima yang terdampak covid-19. Gerak cepat pemerintah menyalurkan bansos dinilai membantu sebagian warga yang kehilangan pekerjaan dan pemasukan karena penanganan wabah covid-19.

Hal tersebut tercermin dari hasil survei Charta Politika bertajuk “Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum Pada Masa Pandemi Covid-19” yang dirilis Rabu (22/7/2020). Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan penyaluran bansos Kemensos sudah tepat sasaran.

"Bansos dari Kemensos diapresiasi karena memperpanjang nafas ekonomi warga terdampak covid-19 yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Bansos Kemensos dinilai tepat sasaran," katanya di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Responden juga menilai ketepatan penyaluran bansos tak lepas dari keaktifan Mensos, Juliari Batubara turun langsung ke lapangan ikut memberikan bantuan ke warga. Menurut Yunarto kehadiran langsung Mensos di lapangan menjadi kontrol dalam penyaluran bantuan.

"Wabah covid-19 menuntut pemerintah untuk bermanuver demi membantu hidup masyarakat banyak. Salah satu menteri yang dinilai melakukan kerja nyata yaitu Mensos Juliari Batubara," ucapnya***.