Iklan Semua Halaman

Pemerintah Akan Siapkan Kuota Internet Rp 1,9 Triliun per Bulan untuk Belajar Online

  Redaksi
Jumat, 24 Juli 2020

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), bekerja sama dengan operator seluler memberikan subsidi pembelian kuota masyarakat.

Dirjen informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Widodo Muktiyo mengatakan kerjasama tersebut untuk mendukung proses pembelajaran secara online dari rumah.

"Kami berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) operator seluler, untuk memberikan subsisi sampai diskon pembelian kuota internet ini," ucap Widodo dalam diskusi online, Senin (20/7/2020).

Widodo menjelaskan, subsisi ini untuk menjawab tantangan pendidikan pada masa kenormalan baru dengan belajar di rumah.

"Kami juga bekerja sama dengan operator seluler lain untuk memberikan kuota gratis hingga diskon pembelian kuota, yang dapat digunakan untuk belajar secara online," kata Widodo.

Subsidi kuota internet ini nilainya mencapai Rp 1,9 triliun per bulan yang disiapkan untuk masyarakat.

Widodo menjelaskan, pihaknya sedang fokus untuk menghadirkan layanan internet 4G di 12 wilayah yang belum terjangkau untuk program digitalisasi baik untuk pendidikan dan aktivitas masyarakat.

"Kami juga memfokuskan kepada 45 ribu sekolah yang belum terjangkau jaringan WiFi untuk menunjang fasilitas pembelajaran secara digital," kata dia.**#